Pohon – Pohon Unik, Aneh dan Langka Siap Buatmu Kagum

Bukan soal manfaat ataupun khasiatnya, pohon teraneh di dunia ini muncul dengan tampilan yang sangat mencolok mata.

Terkadang sebagian orang akan menyangka wujud pohon- pohon tersebut sebagai hasil olahan digital belaka.

Sementara, hal itu sama sekali tidak benar adanya. Fenomena pohon teraneh di dunia ini merupakan hasil keajaiban semesta atau fenomena alam yang cukup langka.

Dikutip dari bermacam sumber, berikut contoh pohon teraneh di dunia yang tentu buat kalian keheranan dan kagum pastinya.

  1. Tumbuhan Dragon, Tenerife, Kepulauan Canary

Diketahui dengan udara yang hangat serta lembab, Tenerife ialah pulau yang produktif serta jadi rumah untuk tumbuhan Dragon. Tumbuhan ini bisa ditemui di segala Canary, serta tumbuhan ini merupakan simbol dari pulau Tenerife.

Tumbuhan ini dicirikan oleh ranting yang padat serta kurus, pula daun yang lurus. Namanya berasal dari getah merah yang mereka hasilkan. Dijadikan sebagai simbol kesuburan, nyatanya tumbuhan Dragon ataupun naga ini ialah keluarga dari asparagus serta sangat mistis untuk masyarakat lokal. Ini merupakan tumbuhan terbesar serta tertua dari jenisnya, diperkirakan berusia sekitar 1. 000 tahun.

  1. Tree of Life

Tree of life atau pohon kehidupan, demikianlah ia diberi nama.

Alasannya, tumbuhan ini bisa bertahan lebih dari 400 tahun tanpa air, di suatu gurun pasir. Tidak heran apabila tumbuhan teraneh di dunia ini pula dikira misterius sebab sanggup bertahan hidup di tempat tanpa sumber kehidupan.

Untuk penduduk lokal, pohon ini dipercaya sebagai tempat di mana Garden of Eden terletak.

  1. Pirangi Cashew Tree

Pohon teraneh di dunia selanjutnya ialah pohon jambu mete terbesar yang ada di dunia yang terletak di daerah Natal, Brazil.

Saking luasnya, cabang- cabang tumbuhan yang berumur sekitar 177 tahun ini membentang seluas 2 hektar.

Salah satu sumber informasi mempercayai kalau tumbuhan ini ditanam oleh seseorang nelayan sekitar tahun 1888.

Tumbuhan Jambu Mede itu juga dinobatkan sebagai Tumbuhan Jambu Mede Terbesar di Dunia oleh Guiness World Record. Rekor ini diprediksi akan bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama sebab tumbuhan jambu Mede itu terus berkembang hingga saat ini serta tidak menampilkan tanda – tanda akan menyudahi berkembang.

Tidak terdapat satu orang juga yang tahu mengapa tumbuhan ini dapat membentang begitu luasnya serta sanggup merindangi daerah seluas 2 hektar dengan sangat baik.

Saking luasnya, tumbuhan ini sanggup menghasilkan sekitar 8000 buah per tahunnya. Tumbuhan Jambu Mede raksasa ini juga jadi destinasi wisata yang banyak didatangi wisatawan dari bermacam negara. Tumbuhan ini juga jadi salah satu spot Instagramable yang sangat populer di negeri bagian Rio Grande.

  1. Tree of Tule

Tule ataupun Santa Maria De Tule ialah suatu kota di Oaxaca, Meksiko di mana salah satu pohon teraneh di dunia terletak.

Hal sangat aneh serta membingungkan dari pohon ini merupakan bagian batangnya.

Bagian batangnya berukuran sangat lebar serta sangat gemuk, apalagi dipercaya sebagai pohon dengan batang sangat gemuk di dunia.

Umur pohon ini masih belum diketahui pastinya, tetapi diperkirakan berumur sekitar 1200 sampai 3000 tahun.

  1. Ta Prohm Temple, Siem Reap, Kamboja

Tidak hanya dataran Australia serta Amerika saja yang mempunyai pohon unik. Di dataran Asia, nyatanya terdapat pula tumbuhan yang unik, tepatnya di Siem Reap, Kamboja.

Kamboja memanglah diketahui mempunyai banyak kuil dengan arsitektur yang menarik, tetapi terdapat satu kuil yang unik serta luar biasa. Namanya kuil Ta Prohm yang terletak di Siem Reap, dekat dengan Angkor Wat serta web sakral yang lain.

Uniknya, kuil ini seolah dibangun oleh alam, sebab di atas kuil berkembang pohon beringin besar yang akarnya menutupi sebagian dinding kuil. Keunikan kuil ini memanglah terletak pada tumbuhan beringin tersebut, tidak hanya itu tumbuhan ini pula dapat jadi penghias bidang dalamnya yang natural.

  1. Baobab

Terletak di daerah Menabe, Madagaskar barat, tumbuhan Baobab memperindah panorama alam di sana. Tumbuhan Baobab ini mempunyai batang yang halus serta bercorak merah dan dahan yang datar semacam kanopi. Diperkirakan tiap- tiap tumbuhan ini berumur 1. 000 tahun.

Hutan ini sempat mempunyai tanah yang produktif, tetapi sekarang hanya ada 50 tumbuhan yang terdapat disepanjang jalur Baobab. Tetapi, selma bertahun- tahun, pohon- pohon sudah ditebangi buat pertanian serta tuntutan populasi yang terus meningkat. Saat ini pohon- pohon yang tersisa berdiri terpelihara di atas tanah yang kering.

Dari 9 spesies Adansonia yang terdapat di dunia, 6 di antaranya ialah tumbuhan asli Madagaskar serta 2 yang lain berasal dari teluk Arab dan daratan Afrika. Satu sisanya ialah suatu tumbuhan asli dari daerah Australia.

Tidak hanya indah warnanya, tumbuhan ini pula dimanfaatkan oleh masyarakat lokal. Diketahui dengan istilah pohon Kehidupan, pohon ini jadi obat yang efektif serta mempunyai banyak air di batangnya.

Tumbuhan teraneh di dunia ini bisa menjangkau besar optimal sampai 30 m serta berat diameter optimal sampai 11 m.

Nah, itulah beberapa pohon – pohon yang aneh, unik dan langka yang ada di Dunia. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Related posts