via: pulaubali.id

Jellajah.com – Bali terkenal akan keindahan alam maupun adat dan budaya yang masih dipertahankan. Tidak hanya wisatawan domestik yang mengakui keindahan yang diatwarkan oleh Bali, bahkan wisatawan mancanegara sering datang berkunjung untuk sekedar berlibur maupun menetap.

Salah satu pesona Bali yang menarik perhatian para wisatawan adalah Desa Penglipuran. Desa ini merupakan salah satu dari desa wisata yang paling terkenal diantara 29 desa wisata yang ada di Bali.Desa Penglipuran merupakan desa wisata yang memiliki kesejukan udara karena terletak diatas ketinggian 600 – 700 meter di atas permukaan laut.

Lokasi desa ini ada di Kapubaten Bangli,  tepatnya di Desa Kubu, Provinsi Bali. Untuk dapat mencapai lokasi desa ini wisatawan disarankan untuk menyewa mobil beserta dengan sopirnya. Hal ini dikarenakan di desa ini tidak terdapat transportasi umum.

Namun hal ini tidak mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke Desa Penglipuran. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung dari tahun ke tahun. Bukan tanpa sebab, Desa Penglipuran memiliki segudang keunikan yang tidak dimiliki oleh desa lainnya.

Segudang keunikan yang dimiliki Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Bali. hal ini dikarenakan desa ini memiliki segudang keunikan. Keunikan yang paling menonjol yaitu konsep rumah warga yang terbilang seragam dan menyatu bersama alam.

Hal ini dapat dilihat dari segi bentuk, warna cat, bahkan tata ruang antar rumah warga semuanya sama. Menariknya, mulai dari pintu gerbang, dinding hingga atapnya terbuat dari batang bambu. Setiap rumah memiliki pintu gerbang yang hanya muat dilewati oleh satu orang. Bentuk pintu seperti ini sering disebut sebagai angkul-angkul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here