instagram.com/sulkichoi

Jellajah – Jakarta menjadi tempat berkumpulnya masyarakat yang ada di negeri ini. Selain Bali, Jakarta merupakan kota kedua yang banyak dikunjungi oleh turis asing.

Sebagai ibukota, tidak bisa dipungkiri jika biaya hidup di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan kota lain di Indonesia, termasuk dalam urusan tempat wisata. Tapi Jakarta juga memiliki beberapa tempat wisata yang murah bahkan gratis lho!

1. Belajar sejarah di Kota Tua

Batavia atau yang sekarang dikenal sebagai Jakarta, sejak dulu memang sudah menjadi pusat pemerintahan di zaman penjajahan Belanda. Meski saat ini Jakarta sudah sangat maju, tapi kamu masih bisa menemukan sisa peninggalan Belanda.

Terletak di kawasan Jakarta Utara, kompleks Kota Tua, kamu bisa menemukan bangunan dengan arsitektur Belanda. Kebanyakan bangunan di sini adalah museum mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan masih banyak bangunan bersejarah lain yang menarik untuk dikunjungi.

Asiknya, masuk ke kompleks Kota Tua juga gratis dan ada juga beberapa museum yang tidak menerapkan tiket alias gratis.

2. Jalan-jalan di Taman Suropati

Kata siapa Jakarta enggak punya taman asik? Kalau kamu jalan-jalan ke Jakarta dan ingin main ke taman, datang aja ke Taman Suropati yang ada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Di Taman ini kamu bisa merasakan suasana sejuk dan nyaman dikelilingi pohon-pohon rindang dan tanaman hijau. Ada banyak burung merpati yang juga tinggal di sini. Dan agar tidak bosan, kamu bisa mendengarkan atau bahkan bergabung dengan komunitas musik lokal yang sering berlatih atau menggelar pertunjukannya di sini.

3. Menonton pertunjukan seni jalanan di Kalijodo

Kalijodo dulu mungkin dikenal sebagai sarangnya prostitusi dan perjudian. Tapi, Kalijodo yang sekarang bukanlah Kalijodo yang dulu. Kini Kalijodo merupakan taman kota yang asik untuk dikunjungi.

Tidak ada lagi rumah-rumah liar, yang ada adalah deretan mural, taman bermain ramah anak, sampai skate park yang jadi tempat nongkrong anak muda. Dan karena Taman Kalijodo adalah taman kota, otomatis biaya masuknya juga gratis.

4. Berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia

Kalau kamu adalah penggemar seni terutama lukisan, Galeri Nasional Indonesia bisa jadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi. Galeri Nasional Indonesia menyimpan 1.700 karya seni termasuk lukisan-lukisan dari pelukis Indonesia yang legendaris seperti Raden Saleh dan Affandi.

Fasilitas di sini juga lengkap mulai dari ruang pameran, perpustakaan, sampai laboratorium pun ada. Tenang, untuk bisa masuk ke sini kamu enggak akan dikenai tiket masuk, kecuali kalau kamu membawa kendaraan maka kamu akan dikenakan biaya parkir.

5. Berkeliling di Masjid Istiqlal

Selain jalan-jalan keliling mall, enggak ada salahnya sesekali kamu berkunjung ke Masjid Istiqlal yang berada di kawasan Jakarta Pusat. Tidak tanggung-tanggung, masjid ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan mampu menampung jemaah sebanyak 200.000 orang.

Kalau kamu sedang ada di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke sini. Bukan hanya untuk ibadah tapi juga berkeliling masjid gratis. Meski begitu ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi, pertama menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup.

Kedua, jaga selalu kebersihan dan pastikan kamu tidak membuat keributan yang dapat mengganggu jamaah masjid yang sedang beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here