via: blog.mamikos.com

Jellajah.com – Liburan bersama keluarga identik dengan pergi ke pantai atau taman bermain. Biasanya Pulau Bali merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi bersama keluarga. Apabila Anda menginginkan suasana yang berbeda untuk liburan bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi NTT (Nusa Tenggara Timur), tepatnya di Pulau Flores. Mungkin bagi sebagian orang, Pulau Flores masih terasa asing untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Namun jangan salah, Flores juga memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari Pulau Bali. Disini para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Salah satunya yaitu Danau Kelimutu yang lebih dikenal sebagai danau 3 warna. Sesuai dengan namanya, danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini menawarkan keindahan warna air danau yang berbeda-beda. Perubahan warna pada danau ini terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Karena keunikannya inilah yang membuat danau 3 warna sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Lokasi dari danau ini berada di Kabupaten Ende, Kecamatan Kelimutu, tepatnya di Desa Pemo. Perjalanan menuju danau 3 warna bisa ditempuh dari Ende dengan jarak sekitar 45 km atau dari Kampung Moni dengan jarak 13 km.

Arti setiap warna dari danau 3 warna

Danau Kelimutu memiliki 3 warna yang berbeda, yaitu merah, putih, dan biru. Hal inilah yang membuat danau ini lebih dikenal dengan danau tiga warna. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Danau Kelimutu merupakan tempat yang keramat. Danau ini dipercaya dapat memberikan kesuburan untuk daerah disekitarnya. Kelimutu sendiri merupakan gabungan kata “Keli” yang memiliki arti gunung dan “Mutu” yang memiliki arti mendidih. Kedua nama tersebut memiliki makna sebagai gunung berapi yang sampai saat ini masih bererupsi.

Selain itu, terdapat mitos dari masing-masing warna yang dipercaya masyarakat setempat. Warna merah yang lebih dikenal dengan “Tiwu Ata Polo” dipercaya sebagai tempat dimana arwah dari orang-orang yang semasa hidupnya banyak melakukan perbuatan jahat dikumpulkan. Warna putih yang berarti “Tiwu Ata Mbupu” dipercaya sebagai tempat dimana arwah para leluhur yang meninggal saat sudah tua dikumpulkan. Sedangkan untuk warna biru memiliki arti “ Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang dipercaya sebagai tempat dimana orang-orang yang masih mudah sudah meninggal dikumpulkan.

Danau Kelimutu memiliki luas sekiar 1.051.000 meter dengan volume air berkisar 1.292.000 meter kubik. Ketiga danau ini dibatasi oleh dinding batu yang sempit dengan ketinggian antara 50 hingga 150 meter. Disekililing danau terdapat tebing curang yang memiliki kemiringan 70 derajat. Pada tebing ini terdapat monyet dengan bulu coklat yang merupakan penghuni asli dari kawasan ini. Monyet ini hidup pada pohon-pohon yang ada pada tebing dan berjumlah ribuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here