Jellajah – Papua merupakan pulau yang terletak di bagian paling timur Indonesia. Pulau ini mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu budaya yang eksotis serta pemandangan yang tidak kalah dengan destinasi wisata yang lainnya. Begitu juga bila dilihat dari sisi kuliner yang ada, terdapat banyak sekali makanan khas dari Papua yang mungkin tidak mudah anda temui selama ini. Kuliner dari Papua memiliki taste atau rasa yang sangat enak dan khas tentunya. Anda harus menyimak beberapa kuliner khas Papua yang akan dibahas. Hal ini pasti akan menambah kecintaan anda dengan Indonesia setelah mencoba semua makanan berikut ini.

Kuliner Unik Papua

  1. Kue Lontar

Mungkin sebagian besar dari anda sudah mengetahui salah satu makanan khas tradisional Papua ini yaitu biasa disebut kue lontar. Kuliner khas Papua yang satu ini bentuknya hampir sama dengan pie susu yang sudah banyak beredar di sekitar anda sekarang ini. Karena memang yang lebih dahulu menggunakan kreasi makanan seperti ini adalah Papua yang menggunakan olahan gula dan susu.

  1. Ikan Bakar Manokwari

Sesuai dengan namanya yaitu Ikan Bakar Manokwari, makanan ini tentu saja berasal dari Manokwari, Papua. Menu ini wajib anda jajal langsung rasanya. Makanan tersebut dapat anda temukan di rumah makan ataupun warung-warung yang ada di pinggir jalan. Cita rasa makanan ini berasal dari ikan tongkol yang diberi sentuhan sambal dari Papua rasa pedas. Olahan ikan ini juga biasa digunakan sebagai lauk pendamping nasi.

  1. Ikan Bungkus

Masih dalam kategori ikan, selain ikan bakar Manokwari juga terdapat menu ikan bungkus yang membuat ketagihan saat anda sudah menyantap makanan khas Papua yang satu ini. Ikan ini diracik dengan tambahan bumbu rempah yang bermacam-macam, sehingga terdapat taste yang wangi dan rasanya nikmat. Dalam pembuatannya, makanan ini membutuhkan proses yang relatif lama, karena hidangan ini harus dipanggang diatas api yang kecil. Hal ini bertujuan agar seluruh bumbu racikan yang ada meresap ke daging ikan yang diolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here