6 Wisata Kebun Kopi Di Indonesia, Sensasi Ngopi Di Tengah Kebun

Bagaikan penghasil kopi terbaik di dunia, Indonesia mempunyai perkebunan kopi hampir di tiap provinsi. Hebatnya lagi, perkebunan itu mempunyai panorama indah sekalian menawarkan wisata kebun kopi. Turis diajak memetik kopi, mendatangi tempat peneringan, roasting, penggilingan sampai menyeduhnya jadi kopi. Apalagi di perkebunan PT. Perkebunan Nusantara XII( PTPN XII), turis dapat melihat proses pembuatan kopi luwak.

  1. Bondowoso, Jawa Timur

Java Coffee ataupun kopi Jawa dihasilkan oleh PTPN XII. Brand ini telah terdapat semenjak abad 20. Nah, kopi arabika terbaik dengan merk Java Coffee Jampit, Java Coffee Blawan, serta Java Coffee Pancoer dihasilkan di Bondowoso. Perkebunan itu menciptakan kopi berjenis arabika java ijen raung– serta diekspor ke Eropa.

PTPN XII membuka wisata kopi di 3 perkebunan itu. Wisatawan dapat menikmati kesegaran hawa dataran tinggi, menelusuri perkebunan kopi. Kemudian duduk manis menikmati kopi bersama kudapan yang lain, di tengah kebun kopi. Bondowoso mempunyai panorama yang indah, danlagi kabupaten itu berjuluk Republik Kopi.

  1. Pengalengan, Jawa Barat

Dalam sejarah perkopian Indonesia, tidak hanya Jawa Timur, daerah Jawa Barat mempunyai perkebunan kopi yang dibesarkan semenjak masa kolonial. Salah satunya di Pengalengan, yang berjarak 40 kilometer di selatan Bandung.

Di sinilah lahir brand Java Preanger Coffee yang populer sampai mancanegara. Kopi ini berkembang di penggunangan Malabar Pengalengan di ketinggian 1. 500 m. Wisatawan dapat langsung ke kafe Kopi Malabar Indonesia berlokasi di Jalur SMPN 1 Pasirmulya. Di kafe itu, Kamu menyeruput kopi dengan panorama alam perkebunan teh.

Opsi lain adalah berjalan- jalan di perkebunan kopi, menjumpai masyarakat yang lagi memetik kopi. Kopi Malabar Indonesia pula membudidayakan kopi luwak Malabar dengan standar produksi yang sangat baik. Di perkebunan seluas 70 hektare itu, wisatawan pula diperbolehkan memancing.

  1. Dayan Gunung, Lombok Utara

Gunung Rinjani di Kabupaten Lombok Utara mempunyai bermacam- macam pesona. Salah satunya wisata kebun kopi di Dayan Gunung ini. Umumnya, penggemar kopi ataupun pendaki gunung menyempatkan waktu melancong kebun kopi Dayan Gunung, yang lokasinya dekat dengan jalan pendakian mengarah gunung Rinjani jalan Senaru.

Wisatawan yang mau mengarah posisi tersebut tidak memerlukan trek yang begitu susah. Dari pos pendakian Senaru, wisatawan tinggal lurus hingga menemui plang di kiri jalur. Di sini, tidak sediakan wisata perkebunan kopi, tetapi penggemar kopi diajak menikmati kopi sambil memandang keelokan Halaman Nasional Gunung Rinjani serta perkebunan kopi.

  1. Kintamani, Bali

Kopi terbaik di daerah Bali, salah satunya dihasilkan dari perkebunan kopi di Kintamani. Tepatnya di Kabupaten Bangli. Di ketinggian 1. 200 mdpl, di kaki Gunung Batur, wisatawan dapat menelusuri perkebunan kopi. Apalagi melihat luwak lagi memakan biji kopi di atas tumbuhan ataupun di semak- semak. Luwak- luwak itu memanglah dipelihara buat menciptakan kopi luwak.

Apabila wisatawan tiba dikala panen, mereka pula diajak memetik kopi kemudian menjajaki alur pengolahan kopi sampai siap diminum. Keasrian atmosfer pegunungan serta hawa yang sejuk membuat agrowisata kopi di Kintamani sangat digemari wisatawan.

  1. Bolokan, Toraja

PT Sulotco mengelola perkebunan kopi di Bolokan, Tana Toraja, dengan sistem kemitraan dengan masyarakat. Mereka diberi petak- petak kebun buat ditanami hasil keuntungan dari panen dipecah dengan sistem untuk hasil. Mereka pula diberi tutorial teknis dari pabrik, supaya menciptakan kopi bermutu besar.

Tidak hanya itu, kopi toraja dari Sulotco telah mendapat sertifikat organik internasional dalam metode pengelolaan serta produksi. Nah, wisatawan dapat melancong di kebun kopi kepunyaan PT Sulotco ini. Memandang dari dekat pengolahan kopi serta menikmati kopi toraja yang legendaris itu di kafe setempat.

  1. Kebun Kopi Karanganyar, Blitar

Blitar mempunyai destinasi wisata kebun kopi De Karanganjar Koffie Plantage. Kawasan ini merupakan kebun kopi serta pabrik kopi aset Belanda, baru dibuka sebagai tempat wisata pada Desember 2016. Kebun yang berlokasi di Karanganyar Timur, Nglegok, Blitar, ini menawarkan keliling perkebunan dengan ATV.

Di Karanganyar ada 3 museum kepunyaan Herry Noegroho, owner kebun kopi itu. Terdapat Museum Pusaka, Museum mBlitaran, serta Museum Purnabakti. Museum mBlitaran berisi lukisan- lukisan koleksi individu pengelola kebun kopi. Terdapat lukisan karya seniman kawakan Nusantara, Basoeki Abdullah. Terdapat pula hasil guratan tangan Lim Wasim, Rustamaji, serta Asrofil Huda. Yang unik, terdapat lukisan yang digubah dari ampas- ampas kopi.

Museum Pusaka berisi keris- keris kuno bermacam tipe. Misalnya keris omyang, keris tilam, keris keleng luk 7, serta keris junjung drajat. Terdapat pula barang pusaka kraton, semacam tombak. Di salah satu ruangan, ada lukisan Nyi Roro Kidul. Ruangan ini terasa sakral. Wisatawan tidak boleh memotret benda- benda pusaka apabila masuk ke ruangan ini.

Related posts