6 Bukit Kapur Yang Cantik Di Jawa Timur

  • Whatsapp

Ngaku pecinta wisata Instagrammable? Catatan buruan kalian tidak bakal lengkap jika belum menjelajahi Jawa Timur. Sebab, provinsi yang satu ini memiliki banyak bukit kapur yang menawan serta unik, khususnya di panjang Pantai Utara Jawa.

Mulai dari Gresik, Madura sampai kota Tuban memiliki deretan bukit kapur menawan. Walaupun dikira bagaikan wisata alam, tampaknya bukit kapur ini ialah hasil dari kegiatan pertambangan selama bertahun- tahun.

Read More

Pahatan para penambang yang artistik sampai megahnya bukit kapur ini jadi daya tarik untuk wisatawan sendiri. Tidak hanya itu, aksesnya juga gampang buat dijangkau dari kota besar semacam Surabaya ataupun Bangkalan. Tertarik yuk kepoin referensi berikut, siapa tau langsung berangkat berlibur deh !

  1. BUKIT JADDIH, MADURA

Pulau Madura di utara Surabaya memiliki banyak sekali wisata kapur yang menawan. Salah satunya merupakan Bukit Jaddih. Cuma 15 menit berkendara dari Bangkalaan, kalian bakal dimanjakan dengan pola bukit kapur yang unik, hasil dari pahatan tambang yang terus berganti. Perihal ini dipengaruhi dengan kegiatan pahatan yang terus berlangsung. Sebagian bukitnya nampak seperti mempunyai pintu serta jendela. Apalagi secara totalitas, Bukit Jaddih nampak semacam bangunan bertingkat yang besar. Uniknya, kapur yang terdapat di Bukit Jaddih memiliki besi sehingga corak bukit kapur yang terdapat di sini sedikit kemerahan.

Di tengah bukit kapur, ada cerukan hasil pertambangan yang membentuk kolam dengan air bewarna biru. Kolam ini pula disebut dengan nama Danau Biru. Nyatanya air biru yang terdapat di danau ini datangnya dari dasar batuan kapur.

  1. BUKIT AROSBAYA, MADURA

Muncul di Kabupaten Bangkalan, Arosbaya menawarkan lingkungan tebing kapur yang mempesona. Walaupun masih berperan sebagai posisi penambangan aktif, Arosbaya tampaknya diketahui luas sebagai obyek wisata anti- mainstream. Berkat kegiatan penambangan, Bukit Kapur Arosbaya mempunyai lanskap buatan yang sangat indah. Bukit ini seakan memiliki jendela ataupun pintu dengan ruangan terbuka bagaikan kolam.

Kesan mistis juga muncul di bagian tengah Bukit Kapur Arosbaya. Ada ruang terbuka yang lumayan besar, seperti panggung teater ala pura di Bali ataupun candi kuno di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Masing- masing wisatawan diajak menikmati pesona dari Bukit Kapur Arosbaya dengan masuk ke bermacam lorong sempitnya. Rongga ataupun goa yang terdapat di Bukit Kapur Arosbaya juga terbentuk lantaran kegiatan penambangan batu kapur di daerah ini.

  1. BUKIT KAPUR RENGEL, TUBAN

Bukit kapur yang satu ini pernah viral pada 2016. Warga berbondong- bodong tiba ke sini buat mencari gambar di zona penambangan. Sisa pahatan serta potongan yang disisakan oleh penambang nyatanya berganti jadi suatu karya seni yang mempesona. Apalagi, sebagian guratannya menyamai awan, yang jelas jadi incaran wisatawan buat difoto. Berlokasi di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban, Bukit Kapur Rengel pula siap menarik atensi kalian dengan perpaduana corak putih gelap pada dinding kapur dengan hijaunya rerumputan di atasnya.

  1. BUKIT KAPUR SEKAPUK, GRESIK

Lagi cari bukit kapur yang memiliki wujud megah? Nah, Bukit Kapur Sekapuk di Gresik dapat jadi opsi yang cocok buat kalian, deh. Terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Bukit Kapur Sekapuk menawarkan barisan bukit kapur yang besar serta panjang. Apalagi, sebagian bukitnya nampak menjulang dari zona pedesaan, lho. Seperti kastil- kastil di Yunani, kalian dapat menciptakan sudut batu yang berongga. Sesuai jadi spot gambar yang Instagrammable banget, deh. Menariknya, Bukit Kapur Sekapuk pula memiliki kolam di tengah walaupun telah berlumut.

  1. BUKIT JAMUR, GRESIK

Kalian termasuk penggemar permainan Mario Bros? Ayo, atasi rasa rindu kalian dengan bertualang ke Bukit Jamur! Terletak di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur, Bukit Jamur menawarkan suatu kawasan yang ditempati bebatuan berupa jamur. Batuan ini timbul berkat proses abrasi yang terjalin sepanjang bertahun- tahun.

Abrasi tersebut membuat semua bagian dari batu terkikis secara perlahan. Sehingga, bila dilihat dari kejauhan, bebatuan ini menyamai tanaman spora seperti jamur. Menariknya, posisi Bukit Jamur merupakan suatu pertambangan yang lumayan besar. Sehingga, banyak jejak sisa kegiatan penambangan yang dapat kalian temukan di sini.

  1. BUKIT KAPUR SUCI, GRESIK

Kota Gresik memanglah diketahui dengan cuaca tropisnya. Maklum, Gresik ialah kota pesisir yang dipadati dengan macam kawasan industrial. Tetapi, coba sekali main ke Desa Suci yang terletak di kawasan Manyar- Gresik. Di situ, kalian dapat menemukan Bukit Kapur Suci yang buat hati sejuk, deh.

Semacam sebagian bukit kapur sisa tambang yang ada di daerah Gresik serta sebagian wilayah yang lain, bukit kapur Suci pula nampak unik serta nyatanya menarik. Menariknya lagi, terdapat suatu kolam bercorak hijau kebiruan di posisi wisata tambang ini. Buat gambar kalian jadi bagus serta menawan!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *