5 Wisata Mistis Di Banyuwangi Yang Menyeramkan!

  • Whatsapp

Banyuwangi merupakan kota di Jawa Timur yang banyak sekali dilirik oleh turis, baik turis lokal ataupun internasional. Banyak sekali tempat wisata yang menarik buat didatangi dikala liburan. Mulai dari tepi laut, hingga hutannya juga asik buat dijadikan destinasi liburan. Tetapi jika kalian mau wisata yang tidak biasa, semacam wisata ke tempat- tempat mistis, Banyuwangi juga punya, lho, travelers. Ini ia tempat- tempatnya.

  1. Tepi laut BOOM

Tepi laut Boom terletak di kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Tepi laut ini tadinya merupakan pelabuhan utama kota Banyuwangi. Hingga saat ini, pelabuhan ini masih beroperasi, meski tidak seramai dahulu. Nah, yang buat tepi laut ini angker rupanya di sinii sempat terjalin suatu kejadian yang membunuh 26 orang karateka dari akademi karate bernama Institut Karate- Do Indonesia( INKAI).

Read More

Kejadian ini terjadi disaat para karateka lagi berlatih di pinggir tepi laut serta seketika gelombang besar tiba, sehingga membunuh mereka beserta pelatihnya. Mereka semua terseret ke laut serta tidak selamat.

  1. KERATON MACAN PUTIH

Keraton Macan Putih yang terletak di kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi ini sesungguhnya merupakan salah satu situs bersejarah di Banyuwangi. Situs ini tadinya merupakan sisa Ibu kota Kerajaan Blambangan pada tahun 1655- 1691. Hingga saat ini, tempat ini agak terlupakan serta belum dijadikan cagar budaya oleh pemerintah.

Keraton Macan Putih dianggap sakral oleh penduduk setempat. Sebab, bagi keyakinan mereka, di tempat inilah dahulu Prabu Tawang Alun menghilang serta kembali ke Tuhan, ataupun yang diucap pula dengan muksa. Supranatural yang sempat tiba ke sini juga yakin terdapat seekor macan putih yang melindungi tempat ini.

  1. ROWO BAYU

Bagi sejarahnya, dahulu, di tempat ini terjalin peperangan antara Kerajaan Blambangan serta Belanda. Semua pati kerajaan serta rakyat bersatu melawan Belanda. Perang itu kesimpulannya berakhir serta dimenangkan oleh Kerajaan Blambangan. Dari tempat inilah awal mula terciptanya Kabupaten Banyuwangi, ialah pada bertepatan pada 18 Desember 1771.

Banyak sekali korban yang berjatuhan dikala perang terjalin, sehingga rawa ini jadi mistis. Terdapat seorang wanita yang dipercaya sebagai penghuni rawa ini yang bernama Nyai Resek. Dia dikelilingi oleh prajurit dan wanita yang lain. Dahulu, pula sempat terdapat seseorang anak kecil yang jadi korban dikala mandi di rawa ini.

  1. WATU DODOL

Watu Dodol tadinya merupakan suatu bunker kepunyaan Jepang yang dijadikan tempat buat mengintai kapal- kapal milik musuh. Di dalam bunker ini sangat gelap serta ujung bunker katanya dapat menembus sampai ke Alas Purwo yang telah lama ditutup. Terdapat sebagian spot yang dipercaya berhubungan dengan dunia gaib, ialah Arca Gandrung yang katanya dapat bergerak serta menari- nari ketika malam hari, terdapat pula suatu sumur kecil yang dipercaya sebagai tempat lahirnya Sunan Giri. Air di sumur tersebut dipercaya mempunyai manfaat, dan suatu batu di tengah jalan Watu Dodol yang tidak pernah berhasil dipindahkan. Tidak hanya itu, di sini dahulu terdapat seseorang dukun yang digantung hidup- hidup, lho.

  1. ALAS PURWO

Alas Purwo merupakan salah satu taman nasional yang populer di Indonesia. Tidak hanya sebab keelokan alamya, taman nasional yang satu ini pula diketahui karena keangkerannya. Dari dahulu, tempat ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para jin senusantara.

Serta konon, dahulu orang- orang yang masuk ke kawasan Alas Purwo tidak pernah selamat, tidak dapat kembali, serta tidak diketahui jasadnya. Jika yang dapat selamat hingga keluar, kesimpulannya hendak memperoleh celaka. Tidak hanya itu, goa- goa yang terdapat di dalam kawasan ini pula kerap dipakai buat tempat semedi sebab dikira gaib.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *