mie aceh
via qraved.com

Jellajah.com – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai budaya dan adat yang unik. Seperti daerah lainnya, Aceh juga mempunyai bermacam-macam makanan khas yang mungkin belum anda ketahui. Makanan yang berasal dari Kota Serambi Mekkah ini banyak dikenal mempunyai cita rasa bumbu rempah yang terbilang kuat. Jadi tidak menutup kemungkinan jika banyak masyarakat yang suka dengan masakan khas Aceh.

Apabila anda melakukan wisata ke Aceh, terdapat beberapa masakan khas yang harus anda coba. Tulisan berikut ini akan memaparkan 3 kuliner aceh menggoda selera yang harus anda coba.

Kuliner Aceh yang Menggoda Selera

  1. Mie Aceh

Sesuai dengan namanya, Mie Aceh dari nama daerah asalnya yaitu Aceh, karena mempunyai rasa yang khas dan berbeda dengan mie yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Mie Aceh merupakan makanan berbentuk mie pedas yang dilengkapi dengan tambahan irisan tipis daging sapi, irisan daging kambing, ataupun hasil tangkapan laut contohnya cumi dan udang. Mie Aceh biasanya disajikan dalam bentuk sup kari yang memiliki rasa pedas dan gurih.

Untuk membuat Mie Aceh, biasanya digunakan mie yang memiliki bentuk pipih namun lebih tebal. Tidak biasa seperti mie pada umumnya, Mie Aceh memiliki warnya yang cenderung kuning cerah, hal ini dikarenakan bumbu yang digunakan yaitu bumbu kari. Hal ini mengakibatkan bertambahnya keindahan pada mie aceh. Selain menambah unsur estetikanya, bumbu yang di gunakan juga menyebabkan aroma yang khas dan juga memberikan rasa khas tersendiri dalam sajian makanan asli Aceh ini.

  1. Sambal Ganja

Sambal ganja atau yang biasa disebut asam udeung merupakan sambal khas tradisional Aceh yang menggunakan udang untuk bahan bakunya. Kata asam dalam asam udeung menurut orang Aceh artinya adalah sambal, dalam hal ini asam udeung memiliki makna sambal yang berbahan dasar udang. Maka dari itu, bagi anda yang sangat menyukai sambal harus mencoba sambal ganja ini. Perpaduan antara pedasnya cabai dengan gurihnya udang menyatu di dalam cobek. Selain itu, penambahan belimbing wuluh muda akan menambahkan rasa asam segar, serta serai dan daun jeruk memberikan kesan aroma wangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here