Untuk sebagian besar umat muslim, tidak ada tempat yang sangat menenangkan selain masjid. Atmosfer damai serta tenang bisa langsung terasa dikala memasukinya.

Indonesia mempunyai banyak masjid yang bermacam- macam dengan keistimewaannya , mulai dari arsitektur sampai lokasinya.

Masjid umumnya dibangun di atas lahan yang gampang dijangkau. Tetapi, Indonesia mempunyai 4 masjid yang posisinya jauh di dasar tanah. Meski begitu, estetika serta kenyamanan beribadahnya senantiasa terpelihara. Apa saja ? Berikut beberapa referensinya.

  1. Masjid Baabul Munawwar, Papua

Masjid yang dibangun PT. Freeport ini terletak dalam 1. 700 m di bawah permukaan tanah. Apalagi, masjid ini pernah memperoleh gelar rekor di dunia sebagai masjid dengan posisi sangat dalam. Terletak di zona pertambangan membuat masjid ini menyita perhatian.

BACA INFO LAINNYA
loading...

Pembangunan masjid ini untuk menunjang aktivitas ibadah para pegawai, agar tidak butuh keluar dari zona pertambangan. Uniknya, masjid yang diresmikan pada Juni 2016 ini berdampingan dengan Gereja Oikumene Soteria yang juga terletak di bawah tanah.

  1. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi, Tuban, Jawa Timur

Saat sebelum diganti jadi masjid yang mempesona, tempat ini tadinya merupakan suatu gua natural. Dirasa dapat jadi tempat beribadah yang unik, K. H. Shubhan memutuskan menjadikannya suatu masjid.

Dikala merambah bagian dalam masjid, kalian bakal disuguhkan banyaknya ukiran kaligrafi di sedalam dinding batunya. Jika kalian masuk lebih dalam lagi, ada stalagmit serta stalagtit yang masih dibiarkan menggantung menghiasi masjid.

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi ini terletak di Jalur Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Suasananya dipastikan buat kalian betah berlama- lama di sini.

  1. Masjid Goa Muhammad, Mojokerto, Jawa Timur

Satu lagi masjid di bawah tanah yang terdapat di Jawa Timur. Mojokerto juga pula mempunyai masjid dengan konsep seragam, Masjid Goa Muhammad namanya. Masjid ini terletak pas di bawah Masjid Agung Wisnu Manunggal di Desa Pekukuhan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Buat dapat hingga ke masjid bawah tanah ini, kalian harus melewati tangga mengarah dasar tanah. Tangga tersebut hendak lewat lorong kecil yang hendak mengantarmu ke kedalaman 7 m di bawah tanah.

Para jemaah kerap menjadikannya sebagai tempat itikaf. Karena, keadaan di dasar tanah yang sepi serta tenang membuat tempat ini sangat sesuai buat menenangkan diri.

  1. Masjid Tamansari, Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu Tamansari di Yogyakarta ini? Wisatawan lebih mengenalnya sebaga salah satu destinasi yang estetik. Walaupun demikian, ada suatu masjid di dalamnya yang diketahui sebagai Masjid Sumur Gumuling.

Posisi masjid ini terletak pas di lingkungan pemandian Tamansari. Uniknya, ada 5 tangga mengelilingi bangunan yang diumpamakan sebagai jumlah rukun Islam. Masjid ini memanglah sengaja dibangun tanpa adanya atap, sehingga lebih bercahaya.

Sayangnya, semenjak 1812 bangunan masjid ini telah tidak lagi berfungsi. Karena, terdapat Masjid Gedhe Kauman yang posisinya tidak jauh dari sini. Walaupun begitu, masjid ini masih ramai wisatawan yang penasaran dengan wujudnya yang unik.