Mendengar kata gili, pasti yang terdapat di dalam benakmu langsung tertuju pada Gili Terawangan yang terdapat di Lombok kan. Ya, gili sendiri ialah daratan ataupun pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Di Lombok sendiri, terdapat 3 gili yang sangat populer ialah Gili Terawangan, Gili Meno serta Gili Air.

Nyatanya tidak hanya Lombok saja yang mempunyai wisata alam berbentuk gili lho. Jawa Timur sendiri mempunyai wisata alam berbentuk gili yang tidak kalah indah. Provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Jawa ini mempunyai daerah terluas di antara 6 provinsi yang lain. Serta pula Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa, Selat Bali dan Samudera Hindia sampai tidak heran bila mempunyai keelokan alam yang luar biasa.

Nah penasaran kan semacam apa wisata alam berbentuk gili di Jawa Timur? Berikut 5 wisata alam Jawa Timur berbentuk gili yang tidak kalah indah dari Lombok.

  1. Pulau Gili, Bawean.

Pulau Gili di Bawean ini terletak di Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik. Posisinya tidak jauh dari Pulau Noko yang cuma dekat 100- 200 m saja. Pulau ini ialah pulau dengan penduduk paling banyak kedua setelah Pulau Bawean sendiri. Paling tidak ada 700 kepala keluarga dengan bermacam etnis yang menghuni pulau yang berjarak dekat 2, 3 kilometer dari timur pulau Bawean.

BACA INFO LAINNYA
loading...

Wisata Pulau Gili Gresik mempunyai pesona keelokan yang sangat menarik buat didatangi. Sangat disayangkan bila kalian tengah berada di kota Gresik tetapi tidak mendatangi wisata Pulau Gili Gresik yang memiliki keelokan tiada duanya.

Pantai ini mempunyai pasir putih yang lembut serta indah dekameter aor laut yang nampak bening bercorak toska. Kelebihan wisata alam Jawa Timur ini pula disebabkan kalian bisa menikmati sunrise serta sunset dalam satu tempat saja. Tidak hanya itu, hasil tangkapan nelayan setempat pula ialah salah satu tawaran yang sangat menarik serta tidak dapat dilewatkan begitu saja. Menikmati panorama alam laut di dikala sunset ditemani dengan ikan bakar pasti hendak jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

  1. Gili Ketapang, Probolinggo.

Gili Ketapang populer dengan surga dasar lautnya yang eksotis sampai jadi tujuan wisata snorkeling. Di wisata alam Jawa Timur ini kalian dapat mengabadikan momen dengan difoto bersama para ikan badut penunggu Pulau Gili Ketapang. Tidak hanya itu kalian pula dapat menghabiskan waktu hanya sekedar bermain pasir putihnya yang mempesona. Gili Ketapang terletak di Kecamatan Sumberasih, 80 Kilometer di lepas pantai utara Kabupaten Probolinggo.

Buat menuju ke Gili Ketapang, kalian cuma butuh menyeberang dari dermaga Probolinggo memakai perahu kecil dengan ongkos kurang dari Rp 15 ribu saja. Buat menikmati keelokan di tempat ini pasti saja free.

  1. Gili Iyang, Madura.

Pulau Madura lagi- lagi menyuguhkan keelokan alam tersembunyi. Satu lagi pulau kecil di Madura yang sayang buat dilewatkan ialah Gili Iyang. Gili Iyang pula mempunyai istilah sebagai Pulau Oksigen sebab diketahui mempunyai kandungan oksigen no 2 paling tinggi di dunia, sehabis Yordania. Gili yang terletak di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura ini tidak mempunyai pantai berpasir. Kendati demikian, tidak mengurangi keelokan pulau ini.

Di sini kalian dapat menghabiskan waktu buat berkelana pulau dengan jalur kaki sambil menikmati sejuknya hawa di sejauh pulau. Bukan cuma buat tracking, kalian dapat melaksanakan sebagian kegiatan yang lain semacam diving maupun snorkeling dengan menikmati keelokan dasar laut Gili Iyang.

Tidak hanya itu, rimbunnya pepohonan di dekat Gili Iyang pula turut andil buat tingkatkan kandungan oksigen sampai di atas rata- rata batasan kandungan sampai 21%. Di sini kalian pula hendak berjumpa warga asli Gili Iyang yang berumur di atas rata- rata. Jangan heran bila kamu memandang warganya yang telah berumur 80- 90 tahun tetapi masih nampak sehat serta fit. Warga di sini pula populer ramah kepada para wisatawan yang tiba. Tidak sering mereka menyapa wisatawan yang kebetulan melewati rumahnya. Kehangatan warga ini jadi aspek pendukung keberhasilan Gili Iyang mencuri hati wisatawan buat berkunjung.

  1. Gili Genting, Madura.

Pantai yang populer di Gili Genting ini merupakan pantai sembilan. Cocok dengan namanya, pantai ini berbentuk mirip angka 9. Saat sebelum ke Gili Labak, ada baiknya buat mampir ke Gili Genting lebih dulu. Gili Genting sendiri terletak di Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura.

Hamparan pasir putih di pantai ini mempunyai keunikan tersendiri. Bila dilihat dari atas, garis tepi laut ini mempunyai wujud semacam angka 9 dengan laguna air di tengahnya. Tidak heran bila destinasi wisata yang terletak di pesisir Gili Genting ini mempunyai daya tarik yang kuat.

Dengan air yang biru pula hembusan angin sepoi- sepoi, menjadikan tempat ini sebagai jawaban yang pas buat melepas penat. Begitu pula dengan airnya, kalian bisa leluasa berenang tanpa khawatir menginjak ataupun mengganggu terumbu karang sebab perairan pantai sembilan di dominasi oleh pasir.

  1. Gili Labak, Madura.

Tidak hanya populer dengan istilah‘ Penghasil Garam’, Madura pula nyatanya mempunyai surga yang memesona. Salah satunya merupakan Gili Labak. Untuk sebagian traveler, pulau ini telah tidak asing lagi. Tempat wisata alam Jawa Timur ini terletak di Kecamatan Talango, Sumenep, Madura. Tidak hanya menikmati pantai pasir putihnya, kalian pula dapat snorkeling di dekat pantainya.

Pantai Gili Labak ini mempunyai berjuta keelokan yang dapat dinikmati. Tempat yang masih asri, bersih dengan pasir putih yang luar biasa, menjadikan Gili Labak Sumenep Madura dapat jadi opsi pas buat melepas penat.

Pulau Gili Labak sendiri mempunyai luas cuma sekitar 5 hektar serta cuma ditempati oleh sekitar 35 kepala keluarga. Meski telah ditempati banyak keluarga tetapi sarana di sini memanglah masih dapat dibilang kurang. Perihal ini mungkin karena akses yang masih susah untuk menuju ke sini.

Buat keelokan Pantai Gili Labak Madura tidak butuh dipertanyakan lagi. Pasir putih bersih dipadukan dengan gradasi corak air laut dari corak hijau toska serta biru membuat pantai ini sangat indah sekali. Tidak hanya itu masih terdapat pepohonan kelapa yang berkembang di pinggir Pantai Gili Labak Sumenep Madura ini menaikkan keeksotisan suatu pantai.

Terdapat berbagai rute yang bisa ditempuh. Lewat pelabuhan Kalianget, Desa Lobuk, Tanjung Saronggi ataupun Desa Kombang. Jalan Pelabuhan Kalianget ialah jalan yang kerap dilalui oleh wisatawan buat berangkat ke Pulau Gili Labak. Posisinya yang strategis mempermudah kalian buat melewati rute ini.

Ada pula rute lain bila kalian berangkat dari jantung kota Sumenep dapat ke arah timur kurang lebih 10 kilometer. Sesampainya di pelabuhan, kalian cukup mencari perahu serta menyewanya buat berlayar ke pulau Gili Labak. Kemampuanmu tawar- menawar harga diuji, sebab tidak terdapat patokan harga formal buat penyewaan perahu yang hendak mengantar wisatawan kembali berangkat dari serta ke Gili Labak. Akan tetapi disaat ini terdapat banyak jasa tour yang mempersiapkan perahu dan mengantarkan wisatawan sampai ke tempat tujuan.

Dalam waktu kurang lebih 2 jam, kalian akan terapung- apung di kapal. Menyeberangi lautan serta lamanya perjalanan tidak akan terasa sebab sejauh perjalanan, kalian hendak disuguhi keelokan serta birunya air laut yang memanjakan mata. Lokasinya yang tersembunyi serta belum sangat terkenal membuat air laut Gili Labak masih sangat bening bak kristal.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai gili-gili yang ada di jawa timur. Semoga bisa jadi inspirasi jalan-jalan kalian ya!