Pulau Moyo ialah salah satu pulau yang masuk dalam daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah. Pantai dengan air yang biru, pasir putih serta atmosfer yang tenang jadi energi utama yang sangat menggoda. Tidak heran bila mendiang Putri Diana sempat liburan kemari. Wow!

Walaupun lokasinya lumayan jauh dari ibu kota Kabupaten Sumbawa, tetapi sarana wisata yang terdapat di pulau ini tidak kalah dari tempat lain. Kalian juga dapat menginap di resort elegan kelas internasional; Amanwana. Petenis populer Maria Sharapova pula sempat menginap di sini, lho!

Pulau terdekat yang jadi titik keberangkatan ke Pulau Moyo merupakan Pulau Sumbawa Besar. Ada 2 macam transportasi laut menuju Pulau Moyo, ialah menyewa perahu boat ataupun perahu nelayan. Ekspedisi dengan perahu boat cuma memakan waktu 20 menit saja, lebih cepat 1. 5 jam bila dibandingkan perahu nelayan.

Kemudian, tempat wisata apa saja yang dapat kalian kunjungi sepanjang di Pulau Moyo. Cekidot daftarnya di dasar ini, ayo!.

BACA INFO LAINNYA
loading...
  1. Air terjun bak di negeri dongeng di Air Terjun Mata Jitu

Di air terjun inilah mendiang Putri Diana pernah berendam sambil menikmati kesegaran serta keasrian hutan Pulau Moyo. Masyarakat setempat juga menjulukinya dengan istilah Queen Waterfall. Air Terjun Mata Jitu mempunyai 7 kolam yang silih berundak. Wujudnya yang unik ini seakan menggambarkan air terjun yang terdapat dalam cerita peri negeri dongeng

Airnya yang bercorak hijau muda serta tua jadi energi tarik utama siapa juga yang mengunjunginya. Di sinii, kalian leluasa berenang serta berendam di kolam spesial yang diperuntukkan buat kegiatan para wisatawan. Di bagian bibir air terjunnya, kalian juga dapat memandang stalaktit serta stalagmit yang sudah tercipta berjuta- juta tahun lalu. Dipastikan kalian bakal betah berlama- lama di sini, deh!

  1. Surga dengan pantai berpasir putih yang luas di Pantai Tanjung Pasir

Dengan garis pantai yang panjang, Pulau Moyo mempunyai banyak pantai yang keindahannya tidak kalah dengan yang terdapat di Lombok serta Bali. Nyaris seluruhnya mempunyai keelokan alam dasar laut yang memesona. Salah satunya merupakan Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas di antara pantai yang lain. Air lautnya yang biru serta jernih seakan memanggil- manggil memohon didekati. Kalian dapat sekedar bermain air di pinggiran pantainya ataupun berenang di kedalaman buat bercengkrama dengan hewan laut serta terumbu karang yang terdapat di situ.

  1. Habitat biota laut yang menawan di Pantai Raja Sua

Dari Pantai Tanjung Pasir kalian dapat melipir ke Pantai Raja Sua. Jaraknya cuma 20 menit dengan perahu motor. Pantai ini memanglah tidak sangat banyak mempunyai pasir putih. Zona pantainya didominasi oleh hutan dengan padang rumput serta pepohonan besar. Tetapi, jangan salah. Kejernihan airnya bak kaca yang memancarkan keelokan biota laut di bawahnya.

Pantai Raja Sua ialah salah satu spot kesukaan buat snorkeling ataupun menyelam. Di kedalaman, kalian juga dapat menemukan White Coral yang biasa digunakan buat perhiasan juga mempunyai manfaat buat kesehatan, lho!

  1. Pantai berpasir putih yang unik ala Takat Sagele

Wisata ke Pulau Moyo memanglah sangat pas bila dicoba pada masa kemarau, sejauh bulan Mei sampai Agustus. Tidak hanya sebab ombaknya yang lebih tenang, kalian pula dapat bersantai di atas gundukan karang serta pasir putih unik bernama Takat Sagele.

Kejernihan air laut yang mengelilingi Takat Sagele membuat kamu dengan gampang menciptakan ikan- ikan menawan yang berenang di dasar air. Tidak hanya itu, kalian dapat menikmati senja syahdu serta tenang di antara luasnya lautan. Perihal tersebut pastinya hendak jadi pengalaman tidak terlupakan yang tidak dapat kalian miliki di tempat lain. Seru sekali, kan!

  1. Air Terjun Diwu Mbai, oase di tengah Pulau Moyo

Tidak hanya Air Terjun Mata Jitu, terdapat pula air terjun lain yang tidak kalah indahnya di Pulau Moyo. Namanya Air Terjun Diwu Mba’ i. Kesegaran air terjun ini bagaikan oase di tengah panasnya cuaca Pulau Moyo. Walaupun undakannya tidak sebanyak Air Terjun Mata Jitu, tetapi tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Moyo tanpa mampir ke sini.

Di sekitar air terjun, kalian hendak disuguhi oleh hutan belantara dengan pepohonan berusia puluhan tahun yang besar menjulang. Ada suatu ayunan tali tambang yang diikatkan ke salah satu tumbuhan besar di dekat air terjun. Kalian dapat memacu adrenalin dengan berayun serta terjun ke kolam air terjun di bawahnya. Wah, mirip semacam adegan film Tarzan and The Jungle Book ya!

  1. Pantai tersembunyi yang indah di Pantai Poto Jarum

Pantai Poto Duri mempunyai karakteristik khas dibandingkan dengan Pantai lain di Pulau Moyo. Terlebih jika bukan karena bebatuan besar yang gampang kalian temui di zona bibir pantainya. Pantai ini ialah salah satu kawasan yang dilindungi sehingga kalian tidak hendak menemukan bangunan di sekitarnya.

Ombaknya yang tenang dengan air bercorak toska membuat siapapun betah berlama- lama disini. Keelokan alam dasar lautnya pula jadi tujuan utama siapa saja yang tiba disini. Pantai ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan perahu motor nelayan setempat dari Pantai Tanjung Pasir.

  1. Pantai natural yang indah di Pantai Brang Sedo

Pantai yang lain di Pulau Moyo yang dapat kalian kunjungi merupakan Pantai Brang Sedo. Di pantai ini kalian dapat menikmati keelokan alam dasar lautnya yang luar biasa sekalian bersantai di zona pantainya yang menawan. Buat kalian para backpacker dapat pula mendirikan tenda di sini buat bermalam. Menikmati langit malam Pulau Moyo pastinya hendak jadi pengalaman berkesan seumur hidup kamu!

  1. Pantai tropis dengan hutan eksotis di Pantai Ai Manis

Nyaris mirip semacam pantai Raja Sua, di Pantai Ai Manis kalian hendak disuguhkan lanskap hutan tropis di zona dekat dengan pantai. Bebatuan di dekat zona pantai pula dapat jadi spot asik buat difoto. Bila berani, kalian dapat berupaya menjelajahi zona hutan di dalamnya. Bila beruntung kalian dapat berjumpa dengan rusa liar yang mempesona serta aneka burung langka yang hinggap di dahan pepohonan.

  1. Air Terjun Sengalo, permata tersembunyi di jantung Pulau Moyo

Walaupun belum banyak diekspos di sosial media, tetapi tempat yang satu ini harus kalian datangi kala berkunjung ke Pulau Moyo. Perjalanan menuju Air Terjun Sengalo ini memanglah tidak gampang. Kalian wajib menyisir pantai menuju Desa Sebotok kemudian dilanjutkan dengan naik motor serta berjalan kaki sepanjang kurang lebih 30 menit. Air terjun ini mempunyai kolam berenang untuk berendam yang luas. Sesekali terdengar cuitan burung yang menaikkan kealamian tempat ini. Rasanya kalian tidak mau kembali jiga sudah disini.

Liburan merupakan kebutuhan batin yang mendasar serta pastinya jadi penunjang untuk kesehatan manusia. Walaupun harus menyiapkan tenaga serta budget ekstra buat berangkat ke Pulau Moyo, tetapi keelokan alamnya dipastikan tidak hendak membuat kamu menyesal tiba kesini. Mari, rencanakan liburanmu saat ini ke Pulau Moyo!