Kota Kediri terletak 130 kilometer sebelah barat daya dari Kota Surabaya, dan ialah kota terbesar no 3 di Jawa Timur setelah Malang serta Surabaya. Buat kalian yang berencana liburan ke Jawa Timur, paling utama di kota Kediri, berikut kita bagikan catatan tempat tujuan wisata yang terdapat di Kediri dan harus kalian kunjungi.

Dengan luas daerah 63, 40 km² pastinya kota kediri mempunyai banyak sekali tempat wisata di Kediri, Jawa Timur yang dapat kalian kunjungi, terdapat banyak sekali tempat wisata semacam museum, gunung, air terjun sampai masjid.

  1. Gunung Klotok

Gunung Klotok berlokasi di kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini mempunyai puncak ketinggian 536 mdpl, tidak sangat besar bila kalian ialah seseorang yang hobi naik gunung.

Namun yang membuat gunung ini istimewa serta harus didatangi merupakan terdapat satu buah bendera merah putih raksasa yang terdapat digunung ini serta dapat nampak dari jauh. Perihal tersebut membuat banyak orang yang mau mendatangi gunung ini buat hanya difoto didekat bendera merah putih tersebut.

BACA INFO LAINNYA
loading...
  1. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo berlokasi di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke air terjun, kalian harus berjalan kaki menuruni tangga yang agak jauh jaraknya.

Dikala menuju posisi air terjun, kalian hendak disuguhkan panorama alam alam yang sangat indah, di sisi kanan berbentuk hutan tropis yang sangat rimbun, dan sebelah sisi kirinya ada panorama indah Gunung Wilis. Disaat tiba di Air Terjun Dolo kalian dapat memandang panorama alam kota Kediri yang terletak jauh di dasar sana.

Dianjurkan buat kalian yang mau datang ke sini, datanglah dikala hari kerja sebab pada hari hari tersebut wisatawan tidak begitu ramai sehingga kalian dapat menikmati panorama alam yang terdapat dengan leluasa serta tidak berdesak- desakan dengan wisatawan yang lain.

  1. Candi Surawana

Candi Surawana berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Candi ini ialah candi hindu yang telah berdiri sejak tahun 1390 serta ialah tempat buat memuliakan Raja Bhre Wengker.

Dimensi candi ini cuma 8 x 8 m² menghadap ke arah barat, kalian dapat masuk ketempat ini sesuka kalian sebab di Candi Surawana tidak dikenakan biaya sama sekali alias free.

  1. Museum Fotografi

Jika kalian merupakan seorang yang hobi dengan dunia fotografi, kalian harus banget buat tiba ke tempat wisata satu ini.

Museum Fotografi berlokasi di Jalur Kapten Piere Tendean Nomor. 60/ 160, Ngronggo, Kota Kedir. Tidak cuma potret- potret yang berkelas, di sini pula mempunyai banyak sekali koleksi kamera, mulai dari kamera antik, kamera saku, sampai kamera DSLR dari masa ke masa.

Tidak hanya dapat dijadikan tempat koleksi bermacam jenis kamera, Museum Fotografi pula merekam seluruh wujud gambar Kediri dari waktu ke waktu, kalian dapat belajar mengenali pertumbuhan Kota Kediri dari era dulu sampai saat ini di museum ini.

  1. Monumen Simpang 5 Gumul

Apabila dicermati sekilas, Monumen Simpang 5 Gumul ini mirip dengan suatu monumen yang terdapat di Paris, ialah monumen L’ Arc de Triomphe. Monumen ini berlokasi di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Buat menuju tempat ini kalian memerlukan waktu kurang lebih 20 menit bila kalian berada di pusat kota Kediri.

Monumen Simpang 5 Gumul memiliki relief dibagian dindingnya yang menggambarkan tentang sejarah kota Kediri serta pula Ganesha. Di dalam gedungnya ada sebagian ruangan yang digunakan buat pertemuan, auditorium, ruang serbaguna dan pusat hadiah.

Walaupun posisi monumen ini agak jauh dari pusat kota, namun monumen ini senantiasa ramai dikunjungi wisatawan. Untuk kalian yang mencari spot gambar terbaik yang terdapat di kota kediri, kalian dapat menjadikan monumen simpang 5 gumul ini bagaikan salah satu tujuan wisatamu.

  1. Masjid Agung Kediri

Masjid Agung Kediri ini ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2006, Masjid ini ialah masjid terbesar yang terdapat di Kediri Jawa Timur. Terletak di pusat kota Kediri, masjid ini menghadap langsung ke alun- alun Kediri serta pula Balai Kota Kediri.

Masjid yang megah ini memiliki 3 lantai dengan tower yang besar menjulang sejauh 49 m. Untuk kalian yang mau melancong dengan nuansa perkotaan tetapi senantiasa menarik, kalian dapat kunjungi salah satu tujuan wisata religi satu ini di Kota Kediri.

  1. Gua Selomangleng

Tujuan wisata di Kediri selanjutnya merupakan Gua Selomangleng. Selomangleng sendiri merupakan sebutan bahasa jawa yang bila dimaksud berarti Batu Miring, sebab lokasinya yang terletak disebuah lereng bukit. Posisi gua ini terletak di Jalur Mastrip, Kota Kediri. Buat masuk ke goa ini, wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 4000 buat orang dewasa serta Rp2. 500 buat kanak- kanak.

Dinding Gua Selomangleng ini terdapat banyak sekali relief- relief yang telah mulai halus termakan umur, tetapi banyak ahli yang tiba kesini serta belum menemukan makna dari relief- relief yang terdapat pada dinding gua sampai saat ini.