Mungkin banyak dari kalian semua yang pernah pergi liburan ke tempat- tempat populer di Indonesia semacam Bali, Lombok, Jogja, Surabaya, Jakarta, Bandung, serta lain sebagainya.

Tetapi kalian tentu tahu dong jika Indonesia bukan hanya itu aja. Negeri kepulauan ini masih memiliki banyak banget koleksi tempat wisata tersembunyi yang pesonanya buat kalian serasa lagi liburan di luar negeri

Nah, kali ini Jellajah ingin kasih tau sebagian tempat wisata tersembunyi di Indonesia yang keindahannya tidak kalah sama tempat- tempat yang terdapat di luar negeri. Jangan lupa buat senantiasa melakukan protokol kesehatan serta patuhi peraturan setempat yang berlaku jika ingin berangkat liburan ya, gaes!

  1. Kepulauan Kei, Maluku

Terletak di bagian utara dari Provinsi Maluku, Kepulauan Kei jadi salah satu pulau hidden gem di Indonesia yang menaruh sejuta pesona.

BACA INFO LAINNYA
loading...

Tidak banyak orang yang tiba ke kawasan terpencil ini sehingga masih sangat bersih.

Pulau Kei Besar serta Pulau Kei Kecil ialah bagian dari Kepulauan Kei yang mempesona. Di sini kalian dapat menikmati panorama alam hamparan langit serta lautan biru dengan pasir putih yang halus.

  1. Pantai Ngetun, Purwodadi

Semua tentu sepakat jika Jogja merupakan kota yang ngangenin banget. Nah, di bagian selatan dari Provinsi Yogyakarta yang sangat populer mempunyai koleksi pantai menawan ini ada satu surga dunia yang diucap dengan Pantai Ngetun, tepatnya terletak di kawasan Purwodadi

Jika kalian suka petualangan, maka pantai ini sesuai banget buat didatangi sebab posisinya yang agak terpencil. Karena pantai ini dikelilingi oleh perbukitan dengan tanaman hijau yang sangat rindang.

  1. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Pulau Kakaban yang terletak di Kalimantan Timur ini merupakan bagian dari Kepulauan Derawan. Pulau ini jadi destinasi yang sangat eksotis buat menyelam, snorkeling, ataupun jenis petualangan yang lain.

Tidak hanya mempunyai panorama alam alam yang sangat menawan, di sini kalian dapat merasakan pengalaman berenang bersama ubur- ubur.

Tenang, ubur- ubur yang terdapat di sinii tidak berbahaya. Dengan air laut yang sangat jernih, kalian dapat menyelam bersama mereka serta melihat sendiri pesonanya.

  1. Pantai Koka, Nusa Tenggara Timur

Jika kalian liburan ke Pantai Koka yang terdapat di Nusa Tenggara Timur, mungkin kalian berjumpa dengan wisatawan lain sangatlah kecil, kecuali masyarakat setempat. Sesuai banget buat kalian yang mendambakan liburan sweet escape dari wilayah perkotaan yang ramai.

Di sini terdapat 2 pantai yang sama-sama menawan di mana kedua pantai itu dipisahkan oleh tebing kecil di tengahnya yang menambah pesona tersendiri.

Kalian dapat naik ke tebing itu serta memperoleh panorama alam yang tiada duanya.

  1. Pulau Weh, Aceh

Jika kalian ke Pulau Weh, maka kalian dapat memenuhi pengalamanmu mendatangi kawasan di sangat ujung barat dari Indonesia. Panorama alam yang kalian dapatkan di sini akan sangat sepadan dengan perjuanganmu buat mengarah ke Pulau Weh.

Pulau ini jadi spot yang bagus banget buat kalian yang suka menyelam serta menyapa seluruh binatang di dasar laut yang mempesona.

Walaupun terpencil, tetapi kalian tidak akan kesusahan menemukan sarana yang diperuntukkan untuk wisatawan di sini.

  1. Kepulauan Widi, Maluku Utara

Kala kalian tiba ke Kepulauan Widi yang terdapat di Maluku Utara, bisa jadi kalian penasaran mengapa tempat secantik ini tidak dipadati oleh wisatawan. Memanglah sangat menawan, tetapi tampaknya belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini.

Dengan begitu kalian dapat memperoleh pengalaman semacam lagi liburan di pulau pribadi. Ditemani dengan pantai indah dengan hamparan langit luas serta pula air laut yang jernih.

Kalian dapat leluasa berenang ataupun cuma bersantai ria di bibir pantai. Super seru pastinya!

  1. Pulau Kenawa, Nusa Tenggara Barat

Kalian bisa jadi telah sering mendengar wisata di pulau- pulau yang bersebelahan dengan Pulau Kenawa semacam Komod, Rinca, serta Padar. Tetapi pulau ini menawarkan suatu yang berbeda sebab belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Sebagian besar dari Pulau Kenawa memanglah dibatasi dari kunjungan wisatawan yang bertujuan untuk melestarikan binatang serta ekosistem yang ada.

Walaupun begitu, sebagian dari pulau ini yang menerima turis menawarkan tempat- tempat semacam resort, kafe, serta restoran.

  1. Pulau Misool, Papua Barat

Tempat wisata Indonesia hidden gem yang lain terdapat di Papua Barat yang bernama Pulau Misool. Pulau ini ialah salah satu dari 4 pulau utama yang terdapat di Raja Ampat.

Air laut di sini sangat jernih sehingga kalian dapat memandang sampai 30 m ke dasar laut.

Jika kalian memiliki bucket list yang berisi tempat yang harus didatangi paling tidak seumur hidup sekali, maka pulau ini wajib masuk ke dalam catatan. Di sini kalian dapat memandang binatang laut berukuran besar, termasuk pula ikan paus.

  1. Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki ialah bagian dari Kepulauan Derawan yang terdapat di Kalimantan Timur. Tempat ini sangat sesuai untuk kalian yang suka menyelam serta menikmati panorama alam di balik permukaan laut.

Kalian dapat berjumpa dengan banyak binatang laut yang populer semacam manta, cumi- cumi besar, ikan pari, sampai ubur- ubur.

Begitu kalian menyelam ke dalam laut, kalian tidak akan susah menemukan mereka yang lagi berenang.

Nah, saat ini udah tahu kan, tempat- tempat yang sangat mempesona yang terdapat di Indonesia. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi kamu saat merencanakan petualangan baru, ya