Untuk sebagian besar warga Indonesia yang tinggal di perkotaan, bisa jadi tidak sering ataupun belum pernah mendengar nama Bumiayu. Bumiayu merupakan sesuatu kecamatan yang terletak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Bumiayu ialah pusat kegiatan warga Kabupaten Brebes bagian selatan, semacam Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Salem, serta Paguyangan. Tidak hanya jadi pusat kegiatan warga, nyatanya Bumiayu pula menyimpan potensi wisata alam yang sangat menarik buat didatangi. Untuk kalian yang bosan dengan suasana perkotaan, Bumiayu dapat dipilih sebagai destinasi yang pas buat melepas penat sejenak.

Lalu ada apa saja destinasi wisata yang menarik di Bumiayu ? Simak yuk !

AGROWISATA KALIGUA

Agrowisata Kaligua merupakan kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di daerah Brebes bagian selatan. Di sini kalian hendak dimanjakan dengan hawa pegunungan yang sangat sejuk, sekalian dapat mencuci mata dengan panorama hijau perkebunan teh yang sangat luas. Apalagi saat sebelum merambah pintu masuk objek wisata ini, kalian pula hendak disajikan panorama alam hutan pinus dan hamparan perkebunan sayur- mayur serta persawahan di sepanjang perjalanan.

BACA INFO LAINNYA
loading...

Tidak hanya panorama alam alam indah, terdapat sebagian spot menarik bernilai sejarah yang dapat kalian kunjungi di Kaligua. Mulai dari Goa Jepang, Tuk Bening( Mata air), Atraksi Air, Puncak Sakub, sampai makam pendiri kebun Van De Jong. Sehabis letih berjalan- jalan ke bermacam spot di sana, berikutnya kalian dapat bersantai sembari menikmati hangatnya teh hitam( black tea) ataupun berbelanja teh hitam ini buat dibawa kembali sebagai oleh- oleh.

TELAGA RANJENG

Dalam perjalanan saat sebelum mengarah Kaligua, kalian hendak menemukan Telaga Ranjeng yang dikelilingi oleh hutan damar serta hutan pinus. Telaga ini terbuat semenjak tahun 1924 bagaikan bagian dari wisata cagar alam. Di Telaga Ranjeng, kalian dapat berfoto sekalian berikan makan ribuan ikan air tawar semacam lele, mujair, serta mas dengan roti yang dapat dibeli di sebagian penjual di situ. Menariknya lagi, konon ikan- ikan ini merupakan ikan keramat yang keberadaannya timbul secara seketika. Karena warga tidak menebar benih maupun memelihara ikan tersebut. Walaupun jumlah ikannya berlimpah, masyarakat tidak ada yang berani buat mengambilnya. Sampai saat ini, cerita mistis di destinasi Telaga Ranjeng senantiasa jadi energi tarik tertentu. Penasaran, kan?

WADUK PENJALIN

Waduk Penjalin dibentuk tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda bertepatan dengan Waduk Malahayu. Air waduk ini dipersiapkan buat menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah serta areal persawahan seluas 29. 000 hektare. Masyarakat dekat pula menggunakan kekayaan alam waduk sebagai tempat mencari nafkah, antara lain mencari ikan, memelihara keramba apung, serta pada saat Lebaran masyarakat menyewakan perahu buat tamasya air keliling waduk.

Yang istimewa untuk para pencinta kuliner, kalian dapat menikmati lezatnya olahan ikan betutu dengan cita rasa gurih serta pedas. Sajian ini jadi santapan khas yang terdapat di dekat Waduk Penjalin, loh.

CIPANAS PAKUJATI

Bumiayu, pula memiliki pemandian air panas yang sangat cocok buat didatangi pada pagi serta sore hari, ialah Cipanas Pakujati. Di sana, kalian dapat berendam air panas yang memiliki sedikit belerang sehingga berperan pula buat mengobati bermacam permasalahan kulit, sekalian membuat badan jadi rileks. Walaupun objek wisata ini terbilang kecil, tetapi tidak sempat sepi wisatawan, loh. Nah untuk kalian yang bawa si kecil, di sana pula ada kolam renang anak dengan air hangat. Jadi, mereka dapat ikutan berenang dengan tenang.

CURUG PUTRI

Curug Putri merupakan wisata alam yang memiliki daya tarik tertentu. Kata curug memiliki makna air terjun, sebaliknya putri memiliki makna bidadari. Konon katanya, pada jaman dulu curug ini jadi tempat pemandian para bidadari. Wahh menarik, kan?

Curug Putri menyajikan air terjun dengan panorama alam pada sisi kanan serta kiri berbentuk bebatuan yang nampak unik seperti diukir dengan apik. Saat sebelum merambah curug ini, kalian pula perlu berjalan kaki melewati jalur yang lumayan terjal dengan bebatuan. Oleh karena itu, kalian dianjurkan memakai alas kaki yang nyaman buat digunakan. Nah sebab terletak di zona pedesaan, posisi wisata ini sangat sesuai untuk kalian yang mau melancong tanpa keramaian. Jadi, kalian dapat menikmati sejuknya air terjun sembari berfoto sepuasnya.

RANTO CANYON

Untuk kalian yang mau melancong sembari menguji adrenalin, sangat sesuai untuk berkunjung ke Ranto Canyon. Destinasi wisata alam nan ekstrem tetapi masih anti mainstream ini, malah membuat warga jadi penasaran untuk mengunjunginya. Merambah Ranto Canyon, kalian hendak disuguhkan panorama alam sejuk khas pegunungan serta bukit- bukit yang terjal. Berikutnya kalian hendak disuguhkan aliran air yang mengalir di antara tebing bebatuan dengan ketinggian 10 sampai 20 m dari dasar sungai.

Ranto Canyon mempunyai trek sejauh 769 m. Sejauh perjalanan menyusuri sungai, kalian hendak menjumpai air terjun yang deras serta luar biasa yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 20 m.