Pulau Kalimantan dipenuh bermacam- macam wisata alam da budaya menarik. Tidak terkecuali wisata religinya, lho!

Berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia, Kalimantan muncul dengan bermacam koleksi destinasi wisata religi, spesialnya untuk para Muslim. Mulai dari masjid sampai tempat sakral yang lain.

Sebagian spot apalagi jadi tonggak penyebaran agama Islam di Bumi Borneo ini. Sehingga, banyak ilmu serta sejarah baru yang bisa kalian gali di tempat- tempat tersebut.

Nah, penasaran tidak sih? Ini ia saran 5 wisata religi di Kalimantan yang harus kalian kunjungi Ikuti di dasar, ayo!

BACA INFO LAINNYA
loading...

MAKAM SULTAN SURIANSYAH

Terletak di Banjarmasin, makan yang satu ini sangat sakral. Wujud Sultan Suriansyah jadi kunci penyebaran agama Islam di kawasan Banjar. Berstatus raja Banjar awal yang memeluk Islam, sosoknya sangat dihormati, serta jadi teladan untuk para pemimpin di mari. Masing- masing hari, banyak masyarakat yang berziarah ke makan Sultann Suriansya, sembari menikmati wisata budaya Kesultanan Banjar.

MASJID BAITUL MUTTAQIEN

Diketahui pula dengan istilah Samarinda Islamic Center Mosque, masjid yang satu ini mempunyai arsitektur megah yang mempesona. Dibentuk di atas tangah seluas 43. 500 m, masjid ini mengadopsi desain 3 masjid di luar negara, lho. Mulai dari depan, ada 7 gerbang yang konsepnya meniru Masjid Putra Jaya dari Malaysia. Mengintip bagian atas, terdapat kubah khas masjid- masjid di Turki dan tower utama yang mirip dengan Masjid Nabawi dari Madinah, Arab Saudi. Sisi menarik lain dari Masjid Baitul Muttaqin merupakan ketinggian menaranya. Dinamakan Tower Asmaul Husna, tower ini mempunyai ketinggian 99 m, cocok dengan jumlah nama- nama Allah.

MASJID RAYA BERAU

Masjid yang satu ini memiliki karakteristik khas tertentu. Terletak di Tanjung Redeb, Masjid Raya Berau muncul dengan balutan corak hijau di segala bagian bangunan. Ditetapkan pada 2004 kemudian, masjid yang terletak di Bumi Batiwakkal ini apalagi menyandang predikat terbaik ketiga se- Indonesia soal pengelolaan administrasinya. Mempunyai 4 tower dengan tiap- tiap besar 40 m, Masjid Raya Berau mengusung style bangunan Timur Tengah serta Turki dengan sentuhan yang minimalis. Yang menarik, masjid yang mempunyai nama formal Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau ini pula jadi rumah untuk ratusan burung walet, lho.

MASJID AGUNG TANAH GROGOT

Jadi salah satu kecamatan di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Tanah Grogot mempunyai karakteristik khas tertentu. Hampir segala bangunan serta sarana kota dicat dengan corak ungu. Tidak heran, julukan Kota Ungu juga menempel di kota kecil yang satu nih. Salah satu bangunan yang tidak luput dari gambaran tersebut merupakan Masjid Agung Tanah Grogot. Muncul dengan 3 lantai, masjid yang mempunyai nama asli Masjid Agung Nurul Fatah ini memiliki warna ungu yang berkombinasi dengan hijau pada 3 kubahnya. Diapit 2 tower, masjid yang satu ini sangat menawan bila dilihat pada malam hari. Dengan desain Timur Tengah yang minimalis, Masjid Agung Tanah Grogot merupakan destinasi yang unik buat liburan kalian berikutnya.

MASJID RAYA PONTIANAK

Berlokasi di jalur Jendral Ahmad Yani, Masjid Raya Pontianak diketahui bagaikan pusat dakwah Islam di Kalimantan Barat. Ditetapkan pada 1978 oleh Presiden Soeharto, masjid yang mempunyai nama formal Masjid Raya Mujahidin Pontianak ini berdiri di tanah seluas 4 hektar. Masjid Raya Pontianak ini mempunyai desain bidang dalamnya serta bidang luar khas Kalimantan Barat. Dengan dominasi corak putih dengan sedikit emas di sebagian sudut bangunan, Masjid Raya Pontianak sanggup menampung dekat 9 ribu jamaah.