Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali santapan khas yang lezat serta harus dicoba.

Mulai dari santapan manis serta pedas, seluruhnya hendak membuat siapa saja tergiur. Di tiap kota ataupun kabupaten ada karakteristik khas kuliner masing-masing.

Apa saja? Berikut 5 diantaranya makanan khas jawa tengah yang enak dan lezat.

  1. Lumpia Semarang

Santapan khas Jawa Tengah dari Semarang ini sesuai dimakan dikala masih hangat, ditambah lagi dengan cabai. Isian dari lumpia khas Semarang merupakan rebung( bambu muda). Tetapi di tiap wilayah berbeda, terdapat yang isi telur, daging ayam, udang, maupun sayur- mayur.

BACA INFO LAINNYA
loading...
  1. Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang unik. Berasal dari pati, nasi gandul mempunyai rasa pedas. Menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur serta disiram dengan kuah pedas.

  1. Mangut Beong

Ini merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang harus dicoba. Sajian ini cuma dapat ditemui di wilayah Magelang, tepatnya di dekat Candi Borobudur. Santapan ini sangat populer sebab keunikan serta rasa yang begitu lezat.

Beong sekilas mirip dengan ikan lele tetapi pasti saja bukan tercantum keluarga lele. Ikan ini ditemui di Sungai Progo. Tidak hanya itu, ikan ini mempunyai rasa yang lezat serta daging lembut.

  1. Berkecek

Sempatkah Kamu mendengar nama santapan khas Jawa Tengah ini? Memanglah, nama santapan khas ini sedikit aneh serta sulit diucapkan. Bila dilihat, sajian ini mirip dengan pecel dengan sebagian sayur- mayur serta sambal kacang pedas. Tetapi, sebagian sayur- mayur yang digunakan dalam keadaan mentah. Santapan yang berasal dari Cilacap ini jadi idola warga.

  1. Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang lumayan populer serta nikmat. Olahan nasi ini berasal dari wilayah Pemalang. Sampai saat ini, nasi grombyang masih lumayan ramai dicari oleh warga dekat, paling utama para turis yang tiba ke Pemalang.

Olahan nasi disajikan dengan kuah yang berlimpah. Saking banyaknya kuah, nasi tersebut nampak grombyang- grombyang. Isi santapan khas Jawa Tengah ini merupakan nasi, daging kerbau serta kuah pedas.