Pulau Kalimantan nyatanya menaruh banyak sekali harta karun berbentuk seni budaya yang unik serta menarik. Salah satunya merupakan rumah adat.

Yup, deretan rumah terdapat di Kalimantan memiliki karakteristik khas tertentu. Berbeda dengan di Jawa ataupun Sumatera, rumah adat di Kalimantan mayoritas berbahan dasar kayu, lho.

Wujudnya yang besar serta memanjang jadi perihal yang dapat kalian temui dikala memandang rumah adat kalimantan. Pasti saja perihal ini dipengaruhi oleh geografis Kalimantan yang dikelilingi hutan rimbun.

Nah, penasaran tidak sih apa saja rumah adat yang terdapat di Kalimantan? Pegipegi memiliki referensinya, nih! Ikuti, ayo!

BACA INFO LAINNYA
loading...

RUMAH RADAKNG, KALIMANTAN BARAT Serta TENGAH

Bila kalian jalan- jalan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Rumah Radakng dapat jadi spot yang sering di dengar. Yup, rumah adat untuk Suku Dayak ini ialah rumah adat terbanyak yang terdapat di Indonesia serta jadi suatu landmark untuk kota Pontianak sehabis Tugu Khatulistiwa.

Dengan dimensi panjang 138 m dengan besar 7 m, Rumah Radakng dibuat dari 100 persen dari kayu, lho. Telah terdapat semenjak ratusan tahun yang kemudian, Rumah Radakng terdiri atas 5 bagian, ialah tangga( tangka), teras( pante), serambi( sami), ruang inti( dinding), serta dapur( jungkar). Rumah Adat Radakng nyatanya mempunyai nilai filosofi cocok wujud serta diperuntukkannya yang mendeskripsikan watak kebersamaan serta toleransi antar anggota keluarga.

LAMIN, KALIMANTAN TIMUR

Tidak hanya Rumah Panjang ataupun Radakng, Suku Dayat pula memiliki rumah adat yang tidak kalah menarik, Rumah Lamin. Rumah lamin ialah rumah adat yang ditempati oleh warga asal Kalimantan Timur dengan panjang dekat 300 m, lebar 15 m, serta besar kurang lebih 3 m.

Rumah adat lamin dikira bagaikan bukti diri warga Dayak di Kalimantan Timur sebab rumah ini mewakili kultur dan tradisi warga situ yang turun temurun. Rumah Lamin pula diketahui bagaikan rumah panggung yang panjang dari sambung menyambung. Rumah ini bisa ditinggal oleh sebagian keluarga sebab dimensi rumah yang lumayan besar. Rumah Lamin mempunyai sebagian karakteristik khas yang biasanya bisa langsung dikenali.

[1] Pada tubuh rumah Lamin, banyak ditemui ukiran- ukiran ataupun foto yang memiliki arti untuk warga Dayak di Kalimantan Timur. Salah satu guna dari ukiran- ukiran ataupun foto pada badan rumah Lamin merupakan buat melindungi keluarga yang hidup dalam rumah dari bahaya

BANJAR BUBUNGAN Besar, KALIMANTAN SELATAN

Ingin amati rumah adat yang simpel tetapi memiliki estetika lebih? Kalian harus memandang Rumah Banjar Bubungan Besar khas Kalimantan Selatan. Nah, rumah terdapat yang satu ini dinamakan Bubungan Besar sebab bagian atapnya berupa atap pelana demikian tingginya serta lancip ke atas dengan membentuk sudut dekat 45 derajat.

Pada masa Kerajaan Banjar, Rumah Bubungan ditujukan buat bangsawan pada masa kesultanan, namun bisa dibentuk pula oleh kalangan orang dagang yang kaya, perihal ini terjalin sehabis kerajaan Banjar jatuh pada 1860. Rumah Bubungan Besar diperkirakan dibentuk pada tahun 1867 Meter, oleh H. Muhammad Arif, seseorang saudagar yang kaya raya pada masanya.

Rumah Tradisional Bubungan Besar mempunyai luas denah panjang 35, 49 m serta lebar 14 m. secara morfologi Bangunan terdiri dari 3 bagian ialah bagian kaki, bagian tubuh, serta bagian atap. Bagian kaki ialah tiang utama penyokong struktur bangunan terdiri dari tiang utama serta tiang penyangga.

BALOY, KALIMANTAN UTARA

Suku Tidung di kawasan Tarakan nyatanya pula memiliki rumah adat yang tidak kalah unik. Namanya Rumah Baloy. Rumah terdapat yang satu ini ialah perpaduan kebudayaan seni arsitektur dari warga suku Tidung salah satu suku tertua yang terdapat di Tarakan Kalimantan Utara.

Tampak dengan bahan dasar kayu ulin, Baloy mempunyai 4 ruangan yang memiliki gunanya tiap- tiap. Semacam Ambir Kiri, Ambir Tengah, Ambir Kanan, serta Lamin Dalom. Spesial buat Ambir Kiri, ruangan ini dijadikan tempat buat menerima warga yang mau mengadukan masalah, ataupun mangulas permasalahan adat.